Friday 1 June 2012

Keuntungan dan kerugian dari bioremediasi


Lab lindungan lingkungan PUSDIKLAT MIGAS
 Kesuksesan dalam bioremediasi tergantung pada ketepatan dari penerapan metode bioremediasi, jenis mikroba, tempat/ kondisi dan dengan faktor lingkungan yang tepat untuk mendukung proses degradasi. Mikroba yang tepat adalah bakteri atau jamur yang memiliki kemampuan fisiologis dan metabolik untuk mendegradasi hidrokarbon. Bioremediasi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan teknik konvensional seperti land fill atau insinerasi. Bioremediasi dapat dilakukan di lokasi pencemaran (in-situ), dengan biaya lebih murah, menghilangkan limbah secara permanen, waktu yang relatif singkat, dan lebih diterima/disetujui oleh masyarakat karena ramah lingkungan, serta dapat diikuti dengan perlakuan secara fisik atau metode kimia lainnya. Namun selain memiliki keunggulan bioremediasi juga memiliki keterbatasan. Beberapa bahan kimia tidak dapat untuk di biodegradasi, seperti logam berat, dan radionuklida serta beberapa senyawa klorinasi. Dalam beberapa kasus metabolisme, mikroba dapat menghasilkan metabolit beracun. Bioremediasi adalah prosedur intensif ilmiah yang harus disesuaikan dengan kondisi khusus lapangan, yang berarti bahwa harus melakukan studi uji coba pada skala kecil sebelum dilakukan pada skala sebenarnya.
Ada hal pokok yang perlu diketahui sebelum melakuakan bioremediasi. Beberapa hal pokok ini dapat dirinci dengan pertanyaan sebagai berikut.
Beberapa pertanyaan harus dijawab sebelum menggunakan teknik bioremediasi adalah: apakah kontaminan bersifat biodegradable? Apakah sudah terjadi biodegradasi secara alami? bagaimana kondisi lingkungan yang sesuai untuk biodegradasi? jika limbah tersebut tidak sepenuhnya terurai, bagaimanakah langkah berikutnya? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat menjawab dengan melakukan karakterisasi kondisi dan lokasi pencemaran dan juga proses penerapanya (Boopathy, 2000). 
Pustaka
    Boopathy, R. 2000. Factors limiting bioremediation technologies. Bioresource technology 74 (63-67)

No comments:

Post a Comment